Friday, October 16, 2015

Liburan Jalan-Jalan ke Semarang, Umbul Sidomukti Ungaran dan Jepara

Bulan April yang lalu saya dan si kecil berniat pulang ke kampung halaman di Boyolali karena ada sepupu yang menikah. Biasanya kalau pulang ke Boyolali langsung ke Bandara Solo, saya yang saat itu  pengen ngebolang sama anak-anak menyusun rencana petualangan dengan jalur yang lumayan berliku, hehehe.

Hari Rabu tanggal 29 April 2015 kami turun di Bandara Semarang dan dijemput om untuk diantarkan menuju Ungaran. Sebelum ke Ungaran saya dan anak-anak mampir dulu ke Masjid Agung Jawa Tengah dan naik ke atas menaranya. Perjalanan kali ini yang berangkat hanya kami berempat, saya, kaka, ade dan Mba Dian.

Umbul Sidomukti Ungaran di Pagi Hari

Karena pengen lebih rame saya ajak sepupu saya Shinta untuk ikut juga ke Ungaran ke Umbul Sidomukti. Tapi ternyata perjalanan ke Umbul Sidomukti tuh penuh dengan tantangan ya, nanjaknya ya ampun, sampai bikin stress karena mobil yang kami naiki salah jalan dan kiri kanan tebing. Tapi Alhamdulillah akhirnya lega juga ketika sampai di Umbul Sidomukti. Kami dapat kamar yang luas dan bisa istirahat sampai esok hari.

Kamar di Umbul Sidomukti Ungaran, muat untuk berempat

Kamar di Umbul Sidomukti Ungaran
Pagi harinya karena udaranya cukup dingin, anak-anak tidak ingin berenang, saya juga hanya foto-foto dengan anak-anak di sekitar hotel saja.

Siangnya kami dijemput lagi sama om saya. Kami menuju Solo karena ada keperluan dan dari Solo lanjut lagi ke Jepara. Hahaha, klo dilihat di peta jalur kami ini salah banget deh, karena bolak balik dan ga efisien waktunya, kelamaan di jalan. Semarang-Ungaran-Solo-Jepara.. wuidih salah yah inih, jangan ditiru dan untuk pembelajaran ke depannya nanti jangan muter-muter hehehe.

Perjalanan Solo Jepara kurang lebih 4 jam, untung anak-anak ngga terlalu rewel di mobil. Kami sampai di Jepara malam harinya dan cape banget. Kami menginap di Hotel D’Season Jepara.

Kolam Renang Hotel Dseason Jepara

Pagi harinya anak-anak langsung berenang di Kolam renang hotel dan saya menikmati pantai di Hotel D’Season Jepara. Pantainya bagus sih tapi sayang penuh dengan batu jadi ga bisa untuk mandi-mandi dan berendam di pantainya. Hanya bisa duduk duduk di pinggir pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Setelah berenang, sarapan dan beres-beres. Kami lanjutkan rencana hari itu untuuk mengunjungi Pantai Bandengan dan ke Pulau Panjang. Karena tidak ada angkutan umum atau ojek, kami yang ngga bawa mobil pribadi terpaksa berjalan kaki menuju Pantai Bandengan, Jepara. Jarak antar Pantai dan Hotel kurang lebih 800 meter, wah lumayan ya jalan kaki segitu, apalagi saat itui siang hari lumayan panas. Untung anak-anak masih semangat,  hanya saja si ade minta digendong ya ngga apa apa lah akhirnya saya gendong aja si kecil daripada rewel.

Di Pulau Panjang Jepara
Sesampainya di pantai kami langsung menuju ke perahu yang disewakan untuk menuju pulau panjang. Saya lupa berapa tarif perorangnya. Mungkin sekitar sepuluh ribu ya, entahlah saya lupa tapi ngga terlalu mahal karena jarak pantai bandengan dan pulau panjang tidak terlalu jauh.

Sesampainya di Pulau Panjang kami harus membayar lagi tiket masuk. Saya juga lupa berapa besarnya, mungkin sekitar lima ribuan. Setelah masuk menuju pulaunya, kami berlima bingung mau ngapain. Mau nyari pantainya untuk main-main ngga ada yang bagus. Mau masuk ke dalam, memang ada apa di dalam pulaunya? Akhirnya daripada penasaran kami jalan ke dalam menuju hutan di Pulau Panjang, belum terlalu lama berjalan karena kelelahan dan sedang tidak ingin main di hutan, kami balik arah dan kembali lagi ke dermaga perahu pulau panjang.

Hari sudah siang dan anak-anak mulai rewel ingin bermain di pantai, sedangkan pantai di pulau panjang hanya secuil dan tidak bisa untuk bermain pasir. Yaudah kami putuskan kembali lagi menuju pantai bandengan naik perahu yang ada di dermaga.

Pantai Bandengan Jepara

Sesampainya di Pantai Bandengan anak-anak langsung bermain pasir di pinggir pantai.

Siang harinya setelah checkout dari hotel kami menyewa mobil menuju Boyolali. Sampai Jumpa lagi Jepara, sayonara