Wednesday, November 30, 2016

Pengalaman Mendaki Gunung Merbabu 3.142 Mdpl melalui Jalur Selo

Gunung Merbabu merupakan Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian 3.142 Mdpl dan puncaknya bernama Kenteng Songo. Setelah mendaki Gunung Prau beberapa waktu yang lalu, pendakian saya selanjutnya adalah Gunung Merbabu. Saat itu saya sedang mencari team secara online dan kebetulan terdapat pendakian Gunung Merbabu dengan jadwal bulan April 2016. Team kami terdiri dari 17 orang dan semalam sebelum pendakian saya memutuskan untuk menginap terlebih dahulu di Kota Solo.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk berwisata kuliner di Kota Solo, malam harinya sebelum mendaki saya menyempatkan diri mencicipi jajanan di Warung Shi Jack. Menunya beragam mulai dari Susu, Roti Bakar hingga Sego kucing dan lauk pauknya. Rasanya pas di lidah dan pas juga di kantong kresek ehh maksudnya kantung saya hehehe.

Aneka Lauk di Warung Shi Jack Solo

Menu yang bervariasi di Warung Shi Jack Solo

Malam itu juga, saya menyempatkan diri mengunjungi Masjid Ageng Keraton Surakarta yang lokasinya berada di Jalan Alun Alun Utara, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Solo. Yang unik dari Masjid Ageng Keraton Surakarta ini adalah ketika malam hari lampu di halaman depan masjid ini berubah warnanya dengan efek lampu sorot .

Sesuai jadwal, pagi harinya kami menyewa mobil pick up menuju pos pendakian Gunung Merbabu di Selo. Setelah menempu perjalanan Solo-Selo (kota yang berbeda) akhirnya pada jam 8 pagi kami sampai juga di Basecamp Parman yang terletak di kaki Gunung Merbabu. Disini kami sarapan terlebih dahulu dan mempersiapkan serta merapikan barang bawaan.

Setelah berdoa bersama, maka pada jam 08.30 pagi dimulalilah pendakian Gunung Merbabu ini melalui Jalur Selo. Melihat gunung yang menjulang tinggi, saat itu ada perasaan cemas di hati saya. Tapi dengan doa dan usaha, InsyaAllah saya yakin bisa mendaki Gunung Merbabu sampai puncak. Itulah motivasi saya saat itu. Sepanjang perjalanan saya selalu berdoa agar Allah SWT menguatkan dan memudahkan pendakian saya di Gunung Merbabu. Maklumlah saya merasa cemas, karena saat itu baru pertama kali saya mendaki gunung dengan ketinggian diatas 3.000 Mdpl.

Track di Gunung Merbabu melalui jalur selo merupakan track panjang dengan kemiringan yang landai dan tidak terlalu curam (tidak terlalu ekstrim). Kami sampai di Pos 1 Dok Malang kurang lebih jam 10.00 pagi.

Alhamdulillah ketika kami mendaki cuaca cukup cerah dan kami mendapatkan pemandangan seperti ini.

Melanjutkan perjalanan lagi, kurang lebih jam 12 siang sampailah kami di Pos 2 Gunung Merbabu 2.412 Mdpl. Saat itu muka saya udah pucet, kecapean, ngos-ngosan dan ada yang ngeledekin suruh bawa tabung oksigen aja hahaha.