Thursday, December 1, 2016

Pengalaman Mendaki Gunung Merbabu 3.142 Mdpl melalui Jalur Selo (Part II)

Lanjutan dari cerita Part I Mendaki Gunung Merbabu

Kembali melanjutkan perjalanan, pada jam 13.00 siang sampailah kami di Pos 3 Batu Tulis Gunung Merbabu. Di pos 3 serasa negeri diatas awan, karena kami dikelilingi dengan pemandangan awan yang terhampar di hadapan kami.  Di Pos ini banyak juga teman-teman dari rombongan lain yang ngecamp mendirikan tenda. Kalau team kami karena mengejar summit ke puncak,  di Pos 3 ini kami hanya beristirahat sebentar.

Setelah melanjutkan perjalanan, jam 15.00 sore sampailah kami di Sabana 1 dengan ketinggian 2.770 Mdpl. Disini juga banyak teman-teman rombongan lain yang ngecamp, kalau kami seperti biasa harus lanjuut terus padahal mah udah cape banget. Tapi karena sudah sore kami harus bergegas melanjutkan perjalanan.

Di Sabana 1 ini tracknya enak dengan jalur yang landai, tidak menanjak dan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah dan menyejukkan mata. Ingin rasanya berlama-lama disini tapi sudah ditunggu oleh teman-teman  lainnya agar segera sampai di Sabana 2.

Kurang lebih jam 5 sore kami sampai di Sabana 2 tempat kami ngecamp. Tapi saya tidak sempat foto-foto karena sudah capek,lelah dan akhirnya istirahat di tenda sampai malam.

Malam harinya ternyata merupakan saat terjadinya bulan purnama dan kami menyaksikan bagaimana pada awalnya bulan perlahan-lahan muncul di balik bukit kemudian cahayanya menerangi Sabana. Selain bulan purnama, Bintang-bintang pun bermunculan di langit.

Alhamdulillah malam yang cerah sehingga kami bisa menyaksikan semua itu. Tapi sayangnya kamera saya tidak bisa memotret bintang-bintang. Malam itu saya tidur dengan lumayan nyenyak dan saya rasa udara tidak sedingin di gunung Prau. Mungkin karena saya sudah persiapan memakai jaket windproof.

Pagi harinya kami bangun pagi-pagi sekali agar bisa summit attack di Puncak Gunung Merbabu. Sesampainya di Puncak rasanya lega sekali dan bahagia bisa melihat keindahan alam ciptaan Allah SWT yang sunggu sangat mempesona.

Saat matahari mulai meninggi kamis memutuskan untuk segera menuruni Gunung Merbabu agar tidak terlalu siang sampai di bawah. Dan seperti biasa menuruni gunung itu lebih berat daripada mendakinya hehehe. Sampai jumpa lagi Gunung Merbabu, see you again on next trip