Saturday, June 13, 2015

Pendakian Perdana Gunung Prau 2.565 Mdpl Mei 2015

Mendaki Gunung sebagai Pendaki Pemula

Sejak dari SMA sebenarnya saya sudah tertarik dengan kegiatan mendaki gunung, tapi karena satu dan lain hal saya belum pernah mendaki gunung hingga Mei 2015. Keinginan mendaki gunung ini muncul kembali setelah melihat banyak tweet tentang pendakian gunung. Apalagi dari foto-foto yang saya lihat sepertinya seru ya bisa foto-foto dekat dengan awan, melihat sunrise dan menikmati kesejukan gunung.

Biasanya nih untuk pendaki pemula naiknya ke Gunung Papandayan dulu ya, tapi ngga tau kenapa saya tertarik untuk langsung naik ke Gunung Prau. Merasa tertantang aja gitu. Kalau Papandayan sepertinya kurang tinggi dan terlalu ramai karena banyak orang yang kesana.

Karena pengen naik Gunung Prau di Dieng, saya terus mencari informasi melalui google. Akhirnya saya temukan open trip Dieng-Prau-Sikunir untuk tanggal 14 – 17 Mei 2015.

Dua minggu sebelum pendakian dilakukan, saya tanya ke panita MDPL Indonesia (yang mengadakan open tripnya) apa masih bisa untuk daftar. Ternyata masih bisa dan belum ditutup , yeaayyy saya  seneng banget. Langsung deh daftar dan persiapan ini itu.

Persiapan Pendakian bagi Pendaki Pemula

Saya pengen banget punya carrier dengan warna cerah untuk mendaki, seperti di foto-foto. Yaudah hunting ke toko Outdor ketemu tokonya di sekitar Universitas Pancasila. Pengennya sih beli yang model daypack 40 L, tapi kok kecil banget. Pengennya setelah mendaki Prau juga mendaki gunung lain lagi. Apalagi setelah baca-baca keindahan gunung Rinjani di Lombok saya tertarik mau kesana.

Lihat-lihat model yang warnanya bagus, akhirnya pilihan saya jatuh ke Consina 40L Harganya Rp.750.000,-. Yah buat investasi kalau naik gunung lainnya, saya pikir sih gitu.

Ditawarin lagi sama penjualnya sepatu gunung. Yaudah karena ngga punya pengen beli juga. Apalagi katanya waterproof, jadi kalau hujan kan aman sepatunya ngga basah. Dikasih lihat sepatu merk The Mount warna biru. Warnanya cantik saya langsung suka. Apalagi modelnya ngga terlalu maskulin jadi masih bisa buat jalan-jalan cantik, hehehe. Harga sepatu The Mount ukuran 42 Rp.525.000,-

Terus beli juga Sleeping Bag Rp.125.000 (KW) dan Matras buat alas sleeping bag Rp.45.000,-

Perlengkapan sudah siap tinggal packing deh. Karena di rumah saya punya jaket tebal yang kalau dipakai di Jakarta panas banget, saya pikir saya ngga perlu beli jaket lagi. Ternyata saya salah, di gunung nantinya itu dingin banget kaya es & ternyata pake satu jaket itu ngga cukup. Brrr.. Kedinginan dan saya menyesal waktu itu cuma bawa satu jaket & jaketnya ngga windproof.

Jadwal pendakiannya dari tanggal 14 Mei – 17 Mei 2015 (4 hari) jadi saya bawa baju 3 potong, kaos manset lengan panjang 3 potong,  dan celana training 3 potong, jilbab segiempat polos, Aqua 1,5 L, sleeping bag, matras, cemilan, lupa bawa handuk & perlengkapan mandi.

Setelah selesai packing, iseng-iseng saya timbang berat carrier yang saya bawa mencapai 9 kg. Wuidihh lumayan berat ya, tapi waktu itu saya optimis bisa tetep nanjak di gunung karena beratnya belum mencapai 10kg. ternyata saya lagi-lagi salah perhitungan. Klo untuk pemula seperti saya berat carriernya klo bisa maksimal 5 kg aja.

Kamis, 14 Mei 2015 Persiapan Keberangkatan dari Kampung Rambutan

Ketika hari keberangkatan saya pamit ke ortu, ke anak-anak, ke suami & diantar suami ke Terminal Kampung Rambutan tempat meeting point. Karena saya terlalu bersemangat datengnya terlalu awal jam 14.00 dan harus nunggu temen-temen lain yang belum dateng.

Sebelum daftar open tripnya ini saya baca fasilitas bisnya AC untuk PP. Tapi kenyataannya peserta naik Bis Sinar Jaya Ekonomi non AC, berangkat dari Kampung rambutan jam 15.30. Hadehhh.. kepanasan deh di jalan. Teman-teman yang berangkat dari Kampung Rambutan ada 8 orang yaitu Anggi, Deni, Gani, Firman, Chebonk, Venny, Ardi & saya.

Sepanjang perjalanan saya usahain untuk tidur, tapi ya gitu deh tidurnya kurang nyenyak karena saya merasa ngga nyaman. Bis berhenti dua kali di Restoran. Yang pertama berhenti di dekat Indramayu, yang kedua saya lupa dimana. Lumayanlah ya bisa ishoma dan makan dulu. Pemberhentian yg kedua sih ngga makan, tapi cuma ke toilet aja.

Jumat, 15 Mei 2015 Hari Pertama Pendakian Gunung Prau

Setelah melalui 13 jam perjalanan sampai juga di terminal Wonosobo jam 04.30 pagi. Saat itu masih gelap dan pas banget adzan subuh, langsung deh Sholat subuh dulu, tapi ngga sempet mandi karena saya pikir langsung jalan. Ehhh ternyata jalannya masih nunggu teman-teman dari Bandung & Jogja dulu. Lain kali nanya ke panitianya yahh, jalannya jam berapa, klo mau mandi sempet atau ngga.

Suasana di terminal Wonosobo di pagi hari
Banyak yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Prau di hari itu
Teman-teman dari Bandung ada 4 orang yaitu, Ari, Ricky, Fina dan Arin. Teman-teman dari Jogja 5 Orang yaitu Josh, Gery, Jamal, Margaret & Pacarnya. Total yang akan mendaki 17 orang, lumayan banyak ya.

Setelah sarapan Baso pake nasi yang porsinya besar banget, panitianya nyari bis untuk disewa ke Dieng. Kami ngangkut carrier ke bis dan ditaro di atapnya. Saya dapat tempat duduk di belakang.

Di dalam bis menuju Dieng Plateu
Di tengah perjalanan menuju Dieng ternyata bisnya mogok, yaudah deh ganti naik pick up. Untung yaa dapet pick up, masa iya kita harus jalan kaki dari bawah, hehehe.

Ganti dari Bis naik Pick Up
Naik Pick Up menuju Dieng
Sampe juga di Dieng Plateu jam 10 pagi & hawa sejuk sudah terasa. Alhamdulillah, senaangg & deg2an karena pendakian pertama.

Sampai di Kawasan Dieng Plateau
Karena homestay belum siap, jadi ya nunggu panitianya nyiapin homestay. Homestay kami pas banget didepan masjid besar di Dieng.
Menunggu di depan homestay. Saya, Arin, Fina, Venny
Tips klo mau ke masjid harus nyiapin uang, karena kotak amalnya di depan tempat wudhu dan dijagain sama bapak-bapaknya disitu. Saya yang berkali-kali bolak-balik ke masjid sempat ditegor untuk masukin uang ke kotak amal, padahal udah saya masukin setiap kali kesitu ehh masih ditegor juga.

Sambil nunggu temen-temen yang laki-laki sholat jumat, kami istirahat di Homestay, panitianya nyewa dua kamar. Karena kamar mandinya cuma dua dan dipakai kami ini yang bertujuh belas, saya ngga kebagian pakai kamar mandi buat mandi. Jadi ya gitu deh, dari Jakarta sampai Dieng saya belum mandi, mendahulukan temen laki-laki yang mau Sholat Jumat untuk mandi dulu.

Untuk wanita yang muslim saat itu kami jamak sholat Dzuhur dan Asharnya. Setelah makan siang nasi goreng  yang waktu itu satu porsi buat berdua (karena takut ngga habis), kami siap-siap menuju gunung Prau.
Siap-siap mau berangkat nih
Menuju Patak Banteng

Pemandangan Menuju Patak Banteng

Dari homestay ke lokasi pendakian Tapak Banteng lumayan lah yaa, mungkin kurang lebih 500 meter jalan kaki. Tapi karena masih semangat banget, ya jalan segitu ngga terasa.

Selamat Datang di Basecamp Pendakian Gunung Prau Jalur Patak Banteng

Bersambung di Part 2 disini.. (Gunung Prau Part II)