Sunday, June 14, 2015

Pendakian Perdana Gunung Prau 2.565 Mdpl Mei 2015 (Part III)

lanjutan dari posting sebelumnya, disini (Gunung Prau Part II)

Menuruni Gunung Prau

Turun gunung itu ternyata lebih berat atau sama beratnya seperti mendaki gunung. Kaki harus siap menahan berat badan sendiri dan kalau ngga kuat pahanya sakit. Kaki jadi gemeteran. Wuiih ngeri-ngeri sedap deh ketika turunnya.
Apalagi pas turun lihat si Arin kesandung tali sepatu, lihat mba-mba terkilir kakinya trus keseleo. Waduh pokoknya saya bener-bener hati-hati banget. Be careful.

Kali ini yang nemenin saya turun Anggi dan ngebantu saya kalau ada jalan yang terjal dan ngga ada pegangan. Enaknya jadi cewe gini ya, kalau naik dan turun gunung pasti dipandu, hehehe.

Alhamdulillah saya ngga jatuh ataupun terkilir. Saya mencoba mengukur kemampuan saya dan kalau merasa sudah limit mending berhenti saja. Pas turun karena jalannya penuh, terpaksa kita semua antri. Apalagi ada yang mau naik gunung pas kami turun, padahal jalannya sempit. Jadi harus ada yang ngalah memberi jalan. Ternyata ngantri ngga cuma di kasir aja yaa, tapi di gunung juga. Hahahaha.

Ketika sudah mau sampai di pos satu, kami melewati beberapa tempat jualan makanan. Karena sudah lapar yaudah berhenti saja. Saya, Anggi, Venny dan Ardi juga ikut berhenti. Karena haus banget saya memesan dua gelas Nutrisari. Walaupun ngga pakai es ternyata airnya dingin loh, jadi segeerr. Plus ada gorengan juga. Lumayanlah buat ngganjel perut.

Di Gunung Prau ini enak, ada tempat jualan makannya antara Pos Satu dan Pos Dua. Jadi kalau lapar atau haus dan butuh istirahat mending berhenti saja. Kalau ngga salah hitung ada tiga tempat jualan makanan saat itu. Dengan jarak satu dengan yang lainnya kurang lebih 300an meter.

Kurang lebih jam 14.30 saya dan Anggi sampai di homestay. Cuape banget dan badan bau belum mandi, hehehe. Karena kamar mandi di homestay ngantrinya lumayan lama, saya mending mandi aja di seberang homestay, pakai air hangat cuma Rp.5.000,- Murah kan daripada kelamaan nunggu.

Track di Gunung Prau
Setelah mandi dan rapi, saya pengennya jalan-jalan di sekitarnya. Kalau temen-temen ada yang tidur dan istirahat di kamar. Yaudah deh saya jalan-jalan sendiri, makan bakso dan beli keripik jamur. Saya beli keripik jamur harganya Rp.30.000,- satu bungkus.

Kembali lagi ke homestay, ternyata temen-temen lagi ngobrolin soal kepulangan ke Jakarta dan ternyata ada dua orang temen saya yang udah pulang duluan. Wah saya pengen juga tuh langsung pulang. Yahh cape aja gitu, ehh ternyata ngga bisa. Bisnya sudah ngga ada dan saya harus tetep nunggu besok. Antara sabar dan ngga sabar tapi yaudah pasrah aja apa kata panitia.

Saya akhirnya milih istirahat di dalam homestay, duduk-duduk sambil browsing-browsing sampai maghrib. Sinyal Telkomsel bagus banget. Sedangkan untuk provider yang lain sama sekali ngga bisa. Temen-temen panitia juga sudah siap-siap untuk masak lagi.

Karena saya lihat masakannya masih lama matangnya, saya ajak Fina untuk cari makan di luar. Cari warung yang masih buka, ternyata banyak yang udah habis dan tutup padahal belum ada jam 8 malam. Yaudah makan di seberang saja. Makan nasi rames dengan tipe prasmanan, jadi sayur milih sendiri. Cukup murah juga, kalau ngga salah saya makan sampai kenyang sekitar 20 ribuan.

Setelah selesai makan kami berdua nyari oleh-oleh dan saya beli Carica yang isi 12 harganya Rp.30.000,-. Mumpung murah beli banyak aja, asal bisa bawanya, hehehe.

Kembali lagi ke homestay, kami ngobrol-ngobrol dan Fina ngajak main kartu. Kalau yang kalah disuruh jongkok diatas kasur. Jiahahaha kaki pegel banget habis turun gunung disuruh jongkok, sakit banget itu kayanya.

Saya milih ngga ikutan dan hanya mengamati. Seru banget liat mereka main. Fina ngga pernah kalah, Ari & Deni kalah sekali dan Anggi kalah dua kali disuruh pake helm. Hahaha kocak banget. Mereka selesai main kartu jam 11 dan dan akhirnya kami tidur karena besok masih harus mendaki sekali lagi ke Sikunir. Whaattt?? Mendaki lagi…

Minggu, 17 Mei 2015 Pendakian Bukit Sikunir

Paginya kami bangun jam 3 pagi. Harus berangkat pagi supaya belum terlalu penuh. Saya  berpikir masa bisa penuh kan bukitnya luas. Saat itu saya berpikir Sikunir itu seperti bukit teletubbies di atas Gunung Prau yang mendakinya ngga terlalu tinggi. Tapi ternyata saya salah.

Kami langsung siap-siap naik bis yang udah disewa dan ngga bawa banyak barang. Cuma satu tas selempang yang isinya dompet & kamera. Sampai di Bukit Sikunir hari masih gelap dan kami harus jalan kaki lagi dari tempat parkir bis sampai kaki Bukit Sikunir.

Jalannya lumayan jauh euy, tapi yahh nikmatin saja. Saya seneng-seneng saja karena jalannya ngga terlalu nanjak dan terjal. Eh ternyata itu belum sampai di Bukit Sikunir, itu baru sampe desa Sembungan. Wahh masih jauh nih.

Sampai di kaki Bukit Sikunir ternyata tanjakannya berupa tangga yang berundak dan kaya ngga ada ujungnya. Nyaris seperti Gunung Prau tapi lebih singkat tracknya dan ada pegangannya. Waktu naik ke atas ngantri panjang bangeett. Jadi jalannya harus selangkah-selangkah. Ya ngga apa-apa sih biar ngga terlalu cape. Sampai diatas ternyata tempat mau lihat sunrisenya penuuhh. Ternyata sudah banyak orang yang berangkat lebih pagi daripada kami.

Sampai di atas hari masih gelap, belum kelihatan matahari dan masih dingin. Saya nyari spot yang bagus, tapi ngga dapet. Pas sunrisenya sudah terlihat banyak yang tepuk tangan, yeaayy.. Horee.. Subhanallah bagus banget. Hamparan awan yang berpadu dengan sinar mentari yang menyembul malu-malu. Hampir sama seperti di Gunung Prau tapi kalau di Sikunir mataharinya terlihat lebih dekat.

Akhirnya foto-foto deh, tapi saya ngga dapet spot yang bagus karena terlalu penuh dan banyak orang. Sambil nunggu yang lain foto-foto saya makan kentang goreng yang harganya Rp.2.000,-

Lumayanlah buat sarapan. Kalau di Sikunir di puncaknya banyak yang jualan makanan dan minuman hangat.

Setelah puas foto-foto kembali lagi kebawah. Yang menantang emang turunnya ya, paha masih sakit dan kaki berasa banget gemeterannya. Semoga bisa sampai bawah.
Setelah sampai bawah, foto bareng dulu
Sampai di bawah ternyata ada yang jual rendang kentang, kami langsung beli yang pertama kali dilihat. Ternyata kalau  jalan lagi ke depan juga masih ada. Dan yang jualan di dalam toko rasanya lebih enak karena bumbunya lebih banyak.

Kami berjalan menuju parkiran bis sambil foto-foto di pinggir Danau Cebong dan plang Desa Tertinggi di Jawa.

Danau Cebong di Sikunir
Memandang Sikunir
Ternyata Desa Sembungan adalah desa tertinggi di Jawa yang juga masih tetanggaan dengan Bukit Sikunir.

Setelah semuanya berkumpul di  bis, kami lanjut lagi menuju Batu Pandang dan Candi Arjuna.

Sesampainya di Batu Pandang saya pikir ngga perlu nanjak lagi, eh masih nanjak saudara2.. Semoga tenaga saya masih ada. Udah lemes banget soalnya.

Diatas batu pandang kita bisa melihat Telaga Warna dari kejauhan.

Setelah dari Batu Pandang kami lanjut lagi ke Candi Arjuna. Disini kami foto-foto sepuas-puasnya, hehehe.

Selesai dari Candi Arjuna kurang lebih jam 10 dan langsung kembali ke Homestay.

Sampai di Homestay beres-beres dan setelah pamitan dan beli oleh-oleh kami pulang deh naik bis yang sama.

Sampai terminal Wonosobo kami makan siang dan menunggu bis menuju Jakarta. Alhamdulillah pulangnya naik bis AC Dieng Indah dan sampai di Jakarta hari Senin jam 6 pagi tanggal 18 Mei 2015. Sayonara teman-teman, sampai jumpa lagi di petualangan selanjutnya. Pendakian pertama Gunung Prau dan Sikunir Alhamdulillah lancar dan sangat berkesan